ManiakMotor – Setang piston sama sekali tidak diganti, kruk-as aman, piston pun tidak usah tukar dan dibrore-up. Tapi ini bukan sulap dan bukan pula ilmu perdukunan, tetapi ilmu nyata utak-atik menaikan power mesin dengan tarikan awal, wuzzzzz.. Cukup ganti pin setang piston pada kruk-as, kapasitas naik. Ya, tenaga juga melejit brosist, apalagi putaran bawahnya, ngiiiiibrit...!
Itu sama saja geser big and  atau dudukan setang piston pada kruk-as. Bedanya versi ini dudukannya yang diutak-atik agar posisi setang  maju (naik). Sehingga langkah torak (stroke) juga naik. “Cara ini lahir dari konsumen sendiri. Dengan cara ini, sangat mudah kembali seperti standar pabrik. Itu bedanya dengan bore-up,” buka  Vincent, juragan Vincent Racing Gallery (VRG) di Kebun Jeruk III, Jakarta Kota.
VRG menjual alat ini bervariasi; mulai dari Rp 250 ribu dan seterusnya, sesuai naiknya stroke. Dengan pin ini fungsi setang piston sama saja. Yang beda desainnya. Bila  pin standar berbentuk satu lobe atau benjolan, pin ini seperti malaikat, kan ajaib bisa naikin stroke tanpa merusak, brosist. Ya, hanya bikin 'lecet' kantong sikit, lah.

Mereknya banyak. Ada LHK, CLD, dan lainnya. Boleh untuk matik, sport dan 
kwek maksudnya bebek yang 4-Tak. “Cara pasangnya sama sekali tidak merusak atau menggeser lubang aslinya pada kruk-as. Hanya buka pin standar dan pasang yang baru. Sebaiknya menggunakan jasa bengkel bubut agar presisi dan kuat,” sambung Muhammad Farid alias Popo, mekanik sekaligus pemilik tim drag bike Wahana Baru Motor dari Bandung, Jawa Barat.  Matik balapnya menggunakan cara ini untuk menaikanstroke.Tonjolannya ada tiga. Bagian yang dipegang kruk-as kiri-kanan sama bentuk dan sejajar. Sedang yang tengah lebih maju, inilah yang menaikkan stroke tersebut. Bergeraknya big and antara 1,5 mm sampai 7 mm, tinggal terserahbrosist, mau cepat sampai ke rumah sakit atau pelan-pelan dikasih obat merah.  Becanda, boleh kan? Makanya, walau pakai pin ini tetap utamakan safety riding.
Meski menambah langkah maksimal 7 mm, tetap saja ada batas maksimal untuk harian. Paling aman pakai 3 mm. “Jika diaplikasi ke Mio, penggantian pin stroke 3 mm dan tanpa ganti piston, kapasitas jadi 125 cc. Syaratnya blok piston bagian bawah diganjal paking alumunium setebal 3 mm juga,” kali ini Kentar Dima yang komentar, doski juru korek dari tim drag bike Anker Sport Hariots Feat Key Speed.
Motor bebek pun bisa aplikasi, caranya sama saja dengan matik. Ukuran pin strokenya pun beragam, “Bila ingin mempertahankan komponen tetap asli, disarankan tidak terlalu banyak naiknya. Misalnya  Jupiter Z cukup 1,5 mm,” kata Arief Sigit Wibowo alias Pele dari Pells Racing yang Jupiter Z korekannya bejaban dengan Satria FU di lintasan drag bike. Pele lebih percaya dengan cara ini dibanding dengan menggeser lubang pin setang seher pada kruk-as.
Di liaran yang liar-liar cara ini pun ramai dipakai. Biasanya untuk mengelabui lawan. Dia bisa menambah kapasitas mesin tanpa ubah paking blok. "Tapi yang dipakai paling kecil, maka bisa lolos di ‘kelas’ paking selembaran,” tutur Ntonk, juru korek dari bengkel NDRT, Jakarta yang korekannya cukup disegani di pentas bali seputaran Jakarta.
Ntonk menyebut langkah ini akan memakan biaya Rp 400 ribu sampai Rp 700 ribu-an. Itu  tergantung jenis motor dan suku cadang digunakan. “Bukan hanya pin stroke yang harus diganti, rantai keteng juga pakai ukurannya lebih panjang. Selebihnya untuk ongkos kerja, bayar jasa bengkel bubut, paking blok dan oli mesin,” rinci Ntonk yang nama aslinya Usmaul Choir ini.

48 komentar:

  1. Wahhh....mantap tuh gan....saya penge. Banget menambah speed kuda supra ane....kalo boleh kasih alamat lengkapnya dong gan atawe no tlp agan dehh...hehhe tq.

    BalasHapus
  2. Klo pesan buat motor byson bisa gk gan..???

    BalasHapus
  3. pesan 1 untuk mio soul..
    bisa hubungi di fb,putra ilalang...

    BalasHapus
  4. Sy mau pesan buat motor jupiter sy tolong konfirmasikan

    BalasHapus
  5. Minta alamat tokonya gan???

    BalasHapus
  6. Klw pakai Pen stroke 5mm ,,Nanti Berakibat Gak Kepemilik Motor..Nanti pemilik Motornya yg kena Stroke Lagi

    BalasHapus
  7. Gan pengen packing buat mio 58,5 yg ukuran 3mm nya

    BalasHapus
  8. Bisa minta no hp atau ppin nya gan?

    BalasHapus
  9. Kalo untuk fu naik 3mm apa aja yg perlu dibeli dan diganti Gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simple ko cuma rantai keteng sama paking blok head aja gan

      Hapus
  10. Kalau untuk pen stroke 3mm
    Bwt Beat Fi biasany brapa
    Bisa duitnya siap pasang2!!

    BalasHapus
  11. Itu estimasi waktu pengerjaannya berapa lama ya, soalnya motor satu"nya buat kerja kuliah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling lama cuma 3 hari itu juga harus ke bubut untuk ngebalance pen strokesnya bang bisa invite untuk tanya tanya 547DFCA0

      Hapus
  12. Yang mau pesen Big end atau strokes sama paking blok headnya yang berukuran bisa Invite 547DFCA0

    BalasHapus
  13. Untuk mio sporty memakai pen stroke 3mm ketika piston posisi TMB aman (tidak beradu antara piston dengan kruck as saat piston TMB)

    BalasHapus
  14. Gan,kalau pen stroke untuk karisma/kirana 3mm ada gan?

    BalasHapus
  15. Itu cara pasang stangnya gmana gan...stang nya kan dpat tengah

    BalasHapus
  16. Kalo Jupiter Z tahun 2003 pakai seher Kaze enaknya stroke up berapa Om...??

    BalasHapus
  17. Gan saya mau nanya mohon bantuan nya dijawab saya beli pen struk 5 mm bisa pake stang std atau ngga gan .klo ngga bisa pake stang std pake stang apa ya gan makasih .

    BalasHapus
  18. Satria fu pake pen 5 mm pake stang apa gan ?

    BalasHapus
  19. Bang kalau mau pake stroke 3mm rantai keteng ny pake ukuran berapa/motor apa

    BalasHapus
  20. Mas, mio m3 bisa gak ya distroke up, soalnya stang sehernya udh mulai kena, n sehernya udah tak ganti oversize 50 punya vario 125 old, kira2 apa aja mas yg dibutuhkan tanpa pake pake tambahan,

    BalasHapus
  21. Ow ya stangnya yg cocok ama punya apa ya mas....mau tak ganti ama yg laenya,yg gk punya mio m3 125,...

    BalasHapus
  22. Buat Harian Mas,motor qu....naik 1,5 cukup gk ya mas...

    BalasHapus
  23. Gimana cara pasang connecting rod nya??

    BalasHapus
  24. Boleh minta nmr tlpon gan? ...

    BalasHapus
  25. Klo untuk honda win seher ud pk kaze bagusnya gmn mas

    BalasHapus
  26. Bisa untuk rxz ngga ya ? Klo bisa saya mau pesen 1 dong hubungi saya di facebook ferdin faraka

    BalasHapus
  27. Ada no wa nya ga mas mau nanya"

    BalasHapus
  28. Kalo untuk revo abs kalo naik stroke 1,5 mm apa aja yg diganti gan?

    BalasHapus
  29. Bang saya mau nanya dong,, motor vega pake kruk as jupiter naik stroke 3 mm,, gear sentrik belakang jupiterr bawaan kruk as yg depan vega ngaruh gak ya,, soal nya si mesin udah TOP pas udah dua putran langkah mesin nya si TOP ngeser jadi motor susah hidup

    BalasHapus
  30. sya pesen buat harian 150 cc mio gan..
    kirim no wa

    BalasHapus
  31. Gan klau mio stroke naik 3mm perlu gnti rantai sama baut tanam ke crankcase yg 4 tiang ga?

    BalasHapus
  32. Bagi kontak yg bisa dihubungi dong ...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Text

http://mylivesignature.com

BlogRoll 2

Motorcycle Vespa Motorcycle Vespa

Blogroll

About Me

Blogger templates

Blogger news

Recent Posts


Followers